News Update :
Home » » Pengujian Pengaruh Viskositas Minyak Pelumas Pada Kendaraan

Pengujian Pengaruh Viskositas Minyak Pelumas Pada Kendaraan

Sabtu, 13 Agustus 2011 | 1komentar


Seperti yang pernah saya posting beberapa bulan yang lalu tentang viskositas minyak pelumas...ini merupakan hasil akhir dari penelitian yang saya dan rekan2 saya lakukan..disini akan dilihat betapa pentingnya tingkat kekentalan oli terhadap performa kendaraan. penilitian ini dilakukan untuk mengetahui akibat perbedaan kekntalan oli terhadap :
Torsi
Korelasi antara putaran mesin terhadap besarnya torsi pada pengujian dengan menggunakan tiga jenis merk oli pada Honda C 100 ML menunjukkan bahwa torsi tertinggi pada penggunaan oli Supreme XX SAE 20W-50 SJ yaitu 6.9 kgf.m pada putaran mesin 6000 Rpm, torsi tertinggi yang dihasilkan pada penggunaan oli Evotec 10 W-30 SJ, adalah 6.74 kgf.m pada putaran mesin 6000Rpm, sedangkan pada penggunaan oli Ultratec SAE 20-50 SG torsi tertinggi adalah 6.74 kgf.m pada putaran mesin 6000Rpm.
Analisa torsi pada mesin tentunya tidak lepas dari konsep torsi itu sendiri yang besarnya akan sangat dipengaruhi oleh faktor gaya tekan hasil pembakaran (F) dan jari-jari poros engkol pada mesin. Jari-jari poros engkol pada mesin merupakan faktor tetap sehingga yang paling berpengaruh adalah besarnya gaya tekan pembakaran (F). Gaya tekan hasil pembakaran ini akan maksimal manakala pemasukan campuran udara dan bahan bakar, tekanan kompersi maksimal, dan saat pengapian yang tepat dengan bunga api yang besar pula.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada sepeda motor Honda C 100 ML (mesin dalam keadaan standart) dapat disimpulkan bahwa torsi pengukuran paling tinggi pada penggunaan oli Supreme XX SAE 20W-50 SJ


Daya
Korelasi antara putaran mesin terhadap besarnya daya pada pengujian dengan menggunakan tiga jenis merk oli Supreme XX SAE 20W-50 SJ, oli Ultratec SAE 20-50 SG dan oli Evotech 10 W-30 SJ daya paling tertinggi adalah menggunakan oli Supreme XX 20W-50 SJ pada putaran mesin 7000 Rpm. Hal ini berarti penggunaan oli Supreme XX20W-50 SJ pada sepeda motor Honda C 100 ML dengan mesin standart memberi peningkatan daya paling tertinggi yaitu 6.2 HP pada putaran mesin 7000 Rpm.

Analisis Pengaruh API Service Dan SAE Minyak Pelumas
Tingkat kekentalan oli yang juga disebut Viskosity-Grade adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.
Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE. Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode S(Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

Analisis Konsumsi Bahan Bakar Spesifik
Korelasi antara putaran mesin terhadap besarnya konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada pengujian dengan menggunakan tiga macam merk oli pada Honda C 100 ML munjukkan bahwa pada 5000 s/d 8000 Rpm, konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada karburator dengan menggunakan oli Supreme XX 20W-50 SJ lebih rendah / irit dibandingkan dengan menggunakan oli Ultratec SAE 20-50 SG dan oli Evotech 10 W-30 SJ.

mudah2an apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi anda dan dapat dijadikan acuhan bagi anda dalam memilih minyak pelumas pada kendaraan anda....
Thank's to : Noven Sulistiyo..
Share this article :

1 komentar:

  1. saya sudah lama pake oli supreme xx 20w-50. Menurut saya oli ini bagus dan cocok,karena mesin tidak berisik serta perpindahan gigi dan tarikan yang lembut,gak nyentak kaya oli sebelum ini.top lah buat supreme xx.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda