News Update :
Home » » Sistem Informasi

Sistem Informasi

Rabu, 25 Mei 2011 | 2komentar

1. Pengertian Sistem
Menurut M.J Alexander (1974) suatu sistem adalah suatu grup dari elemen-elemen baik berbentuk fisik maupun bukan fidik yang menunujukkan suatu kumpulan saling berhubungan diantaranya dan berintteraksi menurut bersama-sama menuju suatu atau lebih tujuan,sasaran atau akhir dari sistem.

Menurut Richard F.Neuschel (1960) suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang slaing berhubungan dikembangkan sesuai dengan suatu skema yang terinegrasi untuk melaksanakan suatu kegiatan utama didalam bisnis. Karakteristik Sistem adalah Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu,yaitu mempunyai komponen-komponen (components), batas sistem (boundary),lingkungan luar sistem (environment), penghubung (interface), masukkan (input) , keluaran (output), pengolah (process) dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).
Menurut Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D (1999) sistem dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi unruk mencapai suatu tujuan.
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat dapat berupa suatu bagian-bagian dari sistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Sistem selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem.
Subsistem-subsistem saling berkaitan atau beriteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan dan sasaran sistem tersebut dapat tercapai. Interaksi dari subsistem-subsistem sedemikian rupa, sehingga dicapai kesatuan yang terpadu (Jogiyanto Hartono, 2002).
2. Pengertian Informasi
Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh dan berakhir.
Infomasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu. (Jogiyanto Hartono, 2002)
Share this article :

2 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda